15 Mei 2014

Jenis - Jenis Cat Untuk Menggambar dan Melukis

Mengenal Berbagai Jenis Cat untuk Menggambar dan Melukis

Ada banyak cara menggambar menggunakan beragam cat, namun jenis cat yang seperti apakah yang cocok di gunakan untuk keperluan menggambar ataupun melukis?!
Disini Kami ingin share dan berbagi pengalaman terkait jenis-jenis cat untuk menggambar.

1. Cat Air
Jenis Cat air ini paling sering di gunakan. Kenapa? karena selain cepat, gambaran juga akan terasa full colour jika menggunakan cat air. Tinggal di poles langsung deh bisa penuh gambarnya.
Namun, tingkat kehati-hatian yang perlu dijaga, karena jika teledor sedikit saja cat air ini akan mudah meleber dan membuat gambar menjadi bergelombang.
Di banding menggunakan crayon, cat air ini lebih sulit tingkatannya karena di perlukan kehati-hatian di saat pemakian.


Review Harga Cat Gambar:
Range Harga sangat variatif sekali, dari yang palsu (termasuk KW) dan asli.
Harga Cat air Palsu sekitar Rp 10.000 sampai  Rp 20.000 biasanya yang banyak di warung - warung itu merk Guitar.
Jika Guitar yang asli ini di beli di toko buku resmi seperti toko buku G**media atau Toko Buku A**ng harganya bisa di atas 50.000 hampir sama dengan cat air merk Pentel.
Namun, pengalaman kami menggunakan cat air merk Pentel lah yang paling awet karena tidak mudah kering dan termasuk tahan lama, bahkan bisa bertahan satu tahun kalau jarang di gunakan.
Merk Osama juga cukup bagus dan harganya di bawah merk pentel dan Guitar (tentunya merk Guitar yang asli yaa bukan kualitas palsu yang banyak di warung-warung)


Beragam Jenis Cat Air Untuk Menggambar

Cat Air Merk Guitar

cat Air Merk Pentel

2. Cat Minyak
Jenis cat minyak ini sudah pasti tidak asing lagi bagi yang suka melukis di atas kanvas. Karena cat minyak ini umumnya digunakan dengan media kanvas.
Cat minyak ini agak sulit dibersihkan jika terkena baju, mencuci dengan bersih berulang kali kadang kali di tangan saja masih membandel bau dan nodanya.

Review Harga Cat Minyak:
Merk Reviers dan Merries biasanya yang paling banyak di gunakan.
Paling ekonomis bisa membeli satu set cat minyak dengan bundling harga sekitar Rp 100.000 sampai Rp 350.000 perset warna (tergantung dari banyaknya tube yang di pakai)
tentunya ada harga ada kualitas.
Namun biasanya cat minyak jenis gold dan silver lebih mahal di banding warna yang lainnya bisa sampai 40% lebih mahal harganya.
Kalau saya pribadi biasanya menggunakan merk Marries (Harganya Middle soalnya. hehee... satu cup merries ukuran 200 ml dalam satu warna harga sekitar Rp 45.000 sampai Rp 60.000) jadi kalau punya 8 warna sekunder minimal Rp 400.000 harus merogoh kocek hanya untuk membeli cat minyaknya saja.
Jenis Cat Minyak

3. Cat Poster Air
Cat poster air ini sebenarnya hampir menyerupai cat air, hanya saja jenisnya lebih tebal dan kental.

Review Harga:
Tergantung merk
Paling sering digunakan merk pentel harga per cup sekitar Rp 25.000 (Tahun lalu saya beli 2013, mungkin sekarang naik harganya)
Jenis Cat Poster
Cat Poster lebih Kental
 4. Cat Akrilik Air
ini jenis cat favorit sebenarnya, karena selain tergolong awet pemakaiannya jenis ini juga mudah dibersihkan jika menempel di pakaian.
ada beragam variasi warna.
Di kanvas palings ering menggunakan media cat akrilik.

Review Harga Cat Akrilik
Tergantung Merk
di Toko Buku Resmi banyak bertebaran beragam akrilik.
dari yang harganya hampir satu juta per cup (satu cup = 500 ml) sampai yang puluhan ribu.

*ini merupakan pendapat pribadi bloger
Jenis Cat Akrilik